Notice: Error when decoding a theme.json schema for user data. Syntax error in /home/code-kobo/public_html/wp-includes/class-wp-theme-json-resolver.php on line 314

Notice: Error when decoding a theme.json schema for user data. Syntax error in /home/code-kobo/public_html/wp-includes/class-wp-theme-json-resolver.php on line 314

021-3970 9999 info@vibicloud.com

VIRTUAL REALITY: Teknologi Masa Kini dengan Segudang Manfaat

Virtual Reality

Table of Contents

Komunikasi yang saat ini sangat populer adalah komunikasi secara virtual. Pengertian virtual adalah, pertama disebut secara nyata, kedua adalah mirip atau sangat mirip dengan sesuatu yang dijelaskan dan ketiga diartikan tampil atau hadir dengan menggunakan perangkat lunak komputer, misalnya di internet. Ketiga pengertian virtual tersebut diambil menurut kamus bahasa Indonesia.

Dalam praktik kehidupan nyata, virtual banyak difungsikan diberbagai aspek kehidupan dan bidang, contohnya dalam pendidikan, bisnis, sosial dan lainnya. Dan dapat diterapkan untuk keperluan sekolah, rapat, diskusi dan sebagainya. Media komunikasi secara virtual dapat melalui gawai seperti smartphone, komputer, laptop, smart TV, notebook, dan netbook yang diperantarai oleh aplikasi untuk komunikasi virtual.

Mengenai virtual, bahkan sudah banyak sekali teknologi yang berkembang dalam dunia virtualisasi, seperti Virtual Reality yang akan kita bahas bersama dalam artikel kali ini.

Apa itu VR atau Virtual Reality?

virtual reality vector

Virtual Reality adalah teknologi yang menciptakan lingkungan yang disimulasikan sehingga pengguna merasa berada didalam lingkungan dunia maya yang disimulasikan oleh komputer menjadi terasa nyata, pengguna juga akan merasa dapat berinteraksi dengan lingkungan tersebut dan makin menambah pengalaman.

Pengguna dapat berinteraksi dengan dunia 3D dengan mensimulasikan sebanyak mungkin indera, seperti penglihatan, pendengaran, sentuhan bahkan indera penciuman. Dalam penerapannya memerlukan headset VR dan terhubung laptop/ponsel yang sudah mendukung teknologi VR.

Penerapan Virtual Reality

Virtual Reality dapat diterapkan dengan mengunakan produk-produk yang mendukung teknologi ini contohnya, headset, treadmill ataupun sarung tangan khusus. Tidak hanya itu, VR ini juga telah banyak digunakan dalam berbagai bidang, seperti berikut ini:

1. Bidang Media dan Hiburan

Penerapan VR dalam bidang media dan hiburan sudah cukup banyak ditemukan, seperti menggunakan perangkat VR untuk games. Melihat keindahan lautan Indonesiapun tidak perlu turun ke laut, dengan menggunakan kamera 360 yang mampu mengambil gambar dari sudut manapun, kamu dapat merasakan sensasi seperti di lokasi nyata.

2. Bidang Medis dan Kedokteran

Dalam dunia medis dan kedokteran, VR juga menjadi sangat bermanfaat dalam penerapannya. Contohnya, dokter dapat mendeskripsikan anatomi tubuh sehingga organ mampu terlihat nyata ataupun memudahkan dokter melihat perkembangan penyakit, mendiagnosa penyakit serta teknik perawatan terhadap pasien dengan tepat.

penerapan virtual reality

3. Bidang Transportasi

Dalam pelatihan seperti menerbangkan pesawat sudah dapat menerapkan VR, dimana hal ini sangat membantu pelatihan terlihat seperti nyata.

4. Bidang Pendidikan

Pendidikan Indonesia yang semakin berkembang dengan penggunaan teknologi seperti, siswa dapat memproyeksikan ke Antariksa, memproyeksikan anatomi tubuh dan lainnya.

5. Bidang Ekonomi

Dalam mempromosikan barang display, salah satu contoh toko Selfridges London, pengunjung dapat mencoba berbagai produk secara nyata dengan hanya berdiri didepan layer yang telah dilengkapi kamera.

Cara Kerja Virtual Reality

Teknologi Virtual Reality bekerja dengan cara memanipulasi otak manusia seakan-akan mereka merasakan berbagai macam hal virtual menjadi terasa lebih nyata tanpa sama sekali bersentuhan dengan dunia nyata.
Agar dapat merasakan sensasi dunia yang lebih nyata, kamu dapat menggunakan peralatan Virtual Reality. Seperti yang kamu ketahui, peralatan yang sering digunakan seperti menyerupai kacamata selam dan dilengkapi dengan lensa tertutup.

Di dalam VR ini terdapat sebuah tempat untuk meletakkan smartphone yang memiliki fungsi memproyeksikan gambar virtual yang dinamakan virtual reality box. Berbeda lagi dengan VR yang dilengkapi headset serta teknologi canggih seperti Oculus Rift, dimana kamu tidak perlu menggunakan smartphone untuk mengoperasikannya, karena didalamnya telah dilengkapi layar untuk menampilkan video dan gambar serta tambahan efek suara.

Virtual Reality Cloud

Virtual Reality tradisional seringkali membutuhkan komputer yang kuat dan memiliki performa tinggi untuk memberikan pengalaman yang terbaik. Tapi apakah ada cara untuk mendapatkan konten VR dari berbagai alat dan dari manapun? Ya, itu adalah Virtual Reality Cloud.

Virtual Reality Cloud merupakan sinergi antara konten VR dengan Infrastruktur Cloud dari Cloud Service Provider untuk membuat kode VR pada server secara jarak jauh sebelum streaming pemrograman ke headset VR pengguna.

Tujuan VR Cloud adalah untuk menurunkan total biaya pengalaman pemrograman VR yang sepenuhnya imersif dengan menghapus persyaratan untuk perangkat keras grafis dan sumber daya komputasi untuk diinstal secara lokal.
Dengan adanya sinyal 5G dan penawaran jaringan lainnya, masa depan untuk teknologi VR ini mungkin lebih cepat dari yang kita duga. Pentingnya penggunaan Cloud seperti teknologi Virtual Reality yang digabungkan dengan teknologi Cloud Computing, dapat memberikan percepatan kemajuan teknologi.

Dari artikel yang telah kita simak, banyak kegunaan virtualisasi dalam kehidupan kita, seperti halnya teknologi Virtual Reality ternyata memiliki segudang manfaat bahkan diberbagai bidang, keunggulannya makin meningkat jika diintegrasikan dengan Cloud Computing.

Anda tertarik lebih dalam untuk mengetahui perkembangan tentang Teknologi dan Cloud? Simak Artikel lainnya didalam Blog ViBicloud, pastinya dengan bahasa yang mudah dipahami. Jika perusahaan Anda membutuhkan layanan Cloud Computing, dan ingin konsultasi segera hubungi tim ViBiCloud dengan klik tombol “Contact Us” dibawah ini ya.

Konsultasikan lebih lengkap dengan tim kami, klik button dibawah ini.