Notice: Error when decoding a theme.json schema for user data. Syntax error in /home/code-kobo/public_html/wp-includes/class-wp-theme-json-resolver.php on line 314

Notice: Error when decoding a theme.json schema for user data. Syntax error in /home/code-kobo/public_html/wp-includes/class-wp-theme-json-resolver.php on line 314

021-3970 9999 info@vibicloud.com

Optimalkan Cloud Computing Dengan Cloud Management

cloud-management-services-vibicloud

Table of Contents

Tanpa tim IT yang kompeten, akan menyulitkan Anda dalam Menyusun strategi efisiensi dan efektivitas pengelolaan komputasi awan (Cloud Computing) atau biasa yang disebut Cloud Management. Orang-orang ini harus memiliki pengetahuan tentang peralatan yang tepat dan best practice dalam mencapai tujuan strategi cloud management tersebut.

Ditambah lagi dengan adanya pengeluaran tetap (fix cost) yang cukup besar dalam memperkerjakan tim IT ini, cukup membuat para perusahaan mengeluarkan usaha yang lebih besar lagi. AKAN TETAPI apakah bisa hanya dengan tanpa tim IT atau mungkin hanya 1 PIC tim IT, strategi efisiensi dan efektivitas pengelolaan Cloud Computing dapat berhasil? Jawabannya IYA, SANGAT DIMUNGKINKAN, akan dibahas secara detail dalam artikel kali ini, simak terus ya.

Pengertian Cloud Management

Secara detail pengertian Cloud Management adalah pengelolaan data dengan bantuan software yang digunakan untuk merancang, memantau dan mengevaluasi satu atau beberapa aplikasi dan server yang dapat membantu Anda dalam mencapai tujuan strategi efisiensi dan efektivitas pengelolaan cloud computing perusahaan Anda.

Tujuan Memanfaatkan Cloud Management Didalam Perusahaan Anda

Dalam Cloud Management pasti Anda juga menginginkan peningkatan performa, keandalan, efektivitas dan efisiensi biaya dari Cloud Computing. Cloud management juga dapat membantu Anda dalam mencapai tiga tujuan, yaitu:

1. Layanan terpadu / Self-service

Meningkatkan fleksibilitas ketika tim pengelola mengakses Cloud, membuat instance(s) baru, memantau usage dari CPU, RAM, Network Traffic (Bandwidth) dan lainnya serta biaya, yang sudah pasti akan menyesuaikan ke alokasi sumber daya Anda.

2. Otomatisasi Alur / Workflow Automation

Memungkinkan pengelolaan instances di cloud secara otomatis dan tanpa campur tangan manusia.

3. Analisisis / Cloud Analysis

Membantu melihat histori beban kerja / workload yang akan membuat pengalaman analisa Anda menjadi lebih tepat.

Tahapan Dalam Melakukan Cloud Management

Berikut adalah tahapan yang harus Anda perhatikan dalam melakukan Cloud Management, antara lain:

1. Automation and Orchestration (Planning)

Dalam Perencanaan, Anda harus memetakan kebutuhan infrastruktur seperti spesifikasi server, virtual network, cloud storage, aplikasi dan lain halnya.

2. Security

Tentu Security System ini juga menjadi perhatian yang tidak kalah penting seperti dalam hal Perencanaan. Para pakar IT mengatakan bahwa ancaman serangan siber juga menargetkan pengguna Cloud meskipun tidak sebesar resiko di server tradisional atau on-prem server.

Security System juga sudah terakomodir di dalam Cloud Services ternama lho, seperti Google Cloud Platform, Microsoft Azure, AWS, Alibaba Cloud dan lainnya.

3. Building the Cloud

Ketika kebutuhan virtual server ini sudah Anda dapatkan, maka Anda bisa memulai membangun / build the Cloud dan memigrasikan data yang ada di on-prem server Anda ke Cloud. Tentu hal ini akan berpengaruh kepada kinerja perusahaan Anda terkait dengan persoalan downtime dari proses migrasi server Anda.

4. Testing and Deploying a Service

Setelah layanan teraplikasikan dengan baik, maka barulah server dan aplikasi dapat diakses dan digunakan untuk produktivitas perusahaan.

5. Monitoring, Managing, Metering, Charging, and Optimization

Namun, apakah setelah semuanya itu berjalan, Cloud Management sudah dapat diterapkah?
Tentu saja belum, Anda masih harus melihat usage dari CPU, RAM, Storage, Network, dan lain-lain. Jika terlihat usage dari CPU masih rendah, meskipun Anda berada jam sibuk, maka Anda masih perlu menyesuaikan spesifikasi virtual server Anda atau melakukan scale in / downgrade specification virtual server.

cloud management step by step
Cloud Management Step by Step

Setelah usage dari komponen virtual server sudah terlihat sesuai, biaya akan mengikuti sesuai dengan usage, maka barulah penerapan Cloud Management dapat berjalan dengan baik.

Sudah kebayang mengenai penerapan dari Cloud Management?

Atau masih belum terbayang apa yang harus Anda lakukan?

Kalau Anda masih belum memahami betul Langkah penerapannya, tidak perlu khawatir, kenapa? Karena ViBiCloud menyediakan layanan Managed Service yang akan membantu Anda dalam menginformasikan di dalam lingkup teknologi Cloud Anda secara profesional.

ViBiCloud menyediakan tenaga ahli di bidang IT baik secara teknis maupun komersil, pelayanan yang konsisten, fleksibilitas akan multibrand yang ada di Cloud Anda baik vendor, mapun teknologi dan security system. Sudah tentu akan mengurangi biaya overhead operasional Anda dan meningkatkan efisiensi dengan metode dan standar yang tinggi serta pengalaman dengan klien diberbagai macam bidang usaha.

Apa saja Layanan dari Managed Service Cloud Computing?

Step by Step Penerapan Cloud Computing dan Cloud Management

1. Cloud Assessment and Planning

Banyak yang belum memiliki visibilitas secara mendetil ke dalam infrastruktur pada tim IT mereka dan tidak tahu harus dimulai dari mana. ViBiCloud dapat membantu menentukan workload mana yang siap dipindahkan ke Cloud, dan dengan metode apa (lift-n-shift, re-platform, atau replacement with a new deployment model).

Proses penilaian dan perencanaan :

• Assess : Menilai lingkungan, infrastruktur, workload, dan aplikasi. Hal ini memungkinkan perusahaan Anda untuk menentukan aplikasi dan data dapat dipindahkan atau tidak dapat dengan mudah dipindahkan ke lingkungan cloud dan model pengiriman apa (Public, Private, atau Hybrid) yang dapat dijalankan.
• Plan : Memetakan infrastruktur berdasarkan kebutuhan dan kinerja aplikasi.
• Visualize : Mengelompokkan aplikasi berdasarkan interkonektivitas dan dependensi, wawasan yang diperoleh dari Assess dan pemetaan infrastruktur.
• Prepare : Menentukan kelayakan, kesiapan, dan biaya migrasi aplikasi Anda.
• Estimate : memperkirakan Total Biaya Kepemilikan (TCO) dari workload aplikasi di on-prem server dengan di Cloud.

2. Cloud Migration or Deployment

Deployment berarti beralih dari Perencanaan dan Pengujian untuk menjelajah ke ranah Production Environment.

Proses migrasi:

• Mencari histori penggunaan pemakaian on-prem (VM, jaringan, aplikasi, dll).
• Memetakan dependensi dan menentukan topologi jaringan.
• Merekomendasikan pengoptimalan untuk workload.
• Tentukan model layanan komputasi awan terbaik.
• Menyediakan rencana dan strategi migrasi cloud (decommission / lift-and-shift / re-platform / re-architect / new deployments).

3. Infrastructure Management

Sekarang data Anda sudah berada di Cloud. Sebagai bagian dari tahap ini, ViBiCloud menyediakan the base management services yang Anda cari:

• Configuration Management: menjaga perangkat lunak tetap up-to-date, patching, mengatur ulang kata sandi, dan mengatur ukuran sumber daya
• Backup/ Disaster Recovery : proses backup untuk semua aplikasi, workload, dan data. DR untuk aplikasi penting misi dengan SLA, RPO, RTO yang sangat baik
• Identity Management: mengelola akun pengguna, single sign-on, memberikan akses berbasis role.

4. Cloud Monitoring Service

Di dunia Cloud, peralatan dan persyaratan terus berkembang, tetapi masalah fundamental tidak berubah: “Bagaimana cara memantau performa dan kinerja infrastruktur saya?”. Jangan khawatir. ViBiCloud mengawasi lingkungan IT Anda.

Jenis Cloud Monitoring:

• System Health Monitoring : Pemantauan secara menyeluruh ke VM, penggunaan CPU, penggunaan RAM, penyimpanan, dan kinerja OS.
• Log analytics / Alerting : Menganalisis log mendalam tentang performa, security, resource comsumption, dan sejumlah metrik penting lainnya.
• Database Monitoring : Kami membantu memastikan ketersediaan database server.
• Application Performance Monitoring : End-to-end Tracking dari semua aspek aplikasi (atau halaman web).

5. Cost Optimization

Proses optimasi:

• Usage Visibility : Memungkinkan Anda untuk mendapatkan visibilitas penggunaan berdasarkan environment, workload, aplikasi, atau end-user.
• Cost Control : Membantu Anda mengidentifikasi beberapa hal inefisiensi dan redundansi.
• Billing Management : Tampilan biaya Cloud yang disederhanakan sehingga memudahkan dalam pembacaan tagihan.
• Resource Utilization : Memastikan bahwa resources disediakan dengan benar.

6. Support

Kami sangat berhati-hati dan mendukung saat Anda dalam menangani kendala, pelanggaran, inefisiensi, dan skenario bencana, dengan memberikan:

• Supporting 7×24 dengan tim lokal.
• Didukung dengan leveling Support mulai dari Customer Service – Advanced Troubleshooting – and Specialized Architects.
• Waktu menanggapi masalah Anda dengan cepat: kurang dari 24 jam.
• Dedicated Support – Technical Account Manager / Architect.

Dengan mempercayakan step by step Cloud Computing kepada ViBiCloud, penerapan Cloud Management-pun dapat berjalan sempurna dan Anda tinggal berfokus kepada pengembangan bisnis Anda saja. Untuk Anda yang masih berpikir apakah perlu penerapan Cloud Management, jangan ditunda lagi karena Peter Drucker berkata :

“Efficiency is doing things right, Effectiveness is doing the right things”

Klik Button “Contact Us” dibawah ini dan konsultasikan masalah Anda sekarang juga,

Konsultasikan lebih lengkap dengan tim kami, klik button dibawah ini.