021-3970 9999 info@vibicloud.com

Nutanix Tidak Hanya Sekedar HCI, Namun Teknologi Cloud Masa Kini

Nutanix

Table of Contents

Nutanix… Apa hal pertama yang terpikirkan saat mendengar salah satu brand server ini? Banyak yang beranggapan Nutanix hanyalah sebuah server HCI (Hyperconverged Infrastructure) seperti server HCI pada umumnya. Kita akan bahas lebih lanjut tentang apa itu HCI dan Nutanix itu sendiri, dan juga keunggulan-keunggulan nya.

Sekilas Tentang Nutanix

Nutanix adalah perusahaan yang menjual perangkat lunak infrastruktur hiper-konvergen atau HCI, layanan cloud, dan penyimpanan. Saat ini Nutanix sudah menjalin kerjasama dengan ViBiCloud untuk membantu banyak perusahaan sebagai solusi end-to-end untuk perusahaan yang akan memindahkan atau memperbaharui server-server bahkan data center mereka dengan teknologi terupdate.

Bukan hanya sekedar HCI saja namun sebagai solusi hybrid cloud solusi masa kini. Nutanix juga sering melakukan pembelajaran ke instansi-instansi dan juga ke komunitas-komunitas guna memberikan pengalaman baru dalam teknologi terkini.

Nutanix juga beberapa kali dinobatkan sebagai Leader oleh Gartner Inc. dalam Magic Quadrant untuk Hyperconverged Infrastructure, hal ini yang membuat Nutanix memiliki kompetensi dan siap bersaing dengan rival-rival nya di dunia teknologi HCI dan hybrid cloud.

Seperti yang banyak orang tahu saat kita membahas tentang server, server dibagi menjadi beberapa jenis, apakah server dalam bentu fisik server atau server dalam bentuk virtual atau yang sekarang sudah berubah alih fungsi lagi menjadi cloud server.

Karena berhubungan dengan brand Nutanix yang dibahas, maka kita akan membahas tentang server fisik. Server fisik sendiri di bagi menjadi 2, public server atau sharing dan juga private server dimana kegunaannya di peruntukan hanya untuk satu korporasi saja.

Lalu bagaimana dengan Hyperconverged Infrastructure atau yang biasa kita kenal dengan sebutan HCI itu sendiri? Apakah HCI juga merupakan bagian dalam server fisik?

Pengertian HCI (Hyperconverged Infrastructure)

Kita bahas lebih lanjut tentang HCI.

Hyperconverged Infrastructure
Hyperconverged Infrastructure
Sumber: www.nutanix.com

HCI adalah pengembangan lebih lanjut dari teknologi virtualisasi yang ada di dalam server. Dengan teknologi virtualisasi ini, menjadikan server ini menjadi lebih besar secara kapasitasnya.

Nah, lalu HCI muncul sebagai bentuk lebih kompleks dari virtualisasi itu sendiri. Karena banyak nya kebutuhan akan penggunaan sever virtualisasi ini, yang menjadikan ruang dan jumlah server ini yang semakin banyak dan besar.

Baca Juga: Mengenal Virtual Machine Serta Kelebihan dan Kekurangannya

HCI membuat server virtualisasi ini lebih simple dan minim, dengan teknologi virtualisasi canggihnya membuat server yang tadinya ada banyak baik hardware maupun komponen pendukung lainnya menjadi hanya satu bagian fisik saja. Itu yang membuat HCI menjadi pilihan untuk kapasitas Data Center yang besar kali ini.

Banyak brand-brand server besar yang sudah mulai bermain kearah HCI, salah satu nya Nutanix yang juga ikut meramaikan dunia teknologi HCI.

Namun di balik HCI Nutanix, Nutanix juga menyimpan bermacam-macam fitur canggih lainnya yang mendukung transformasi digital saat ini.

Maka dari itu Nutanix lebih di kenal sebagai Nutanix Hybric Cloud karena memiliki tidak hanya teknologi HCI di dalamnya namun kelebihan-kelebihan lainnya saat ini.

Nutanix Cloud Platform
Nutanix Cloud Platform
Sumber: www.nutanix.com

Fitur Hybrid Cloud Nutanix

Beberapa fitur di antaranya adalah Nutanix CALM, Xi Leap, Mine, Flow, Prism, Xi Beam serta pendukung hybrid multi cloud nya yang sudah terhubung dengan beberapa public cloud.

Fitur-fitur di atas memiliki fungsi untuk melakukan monitoring, Disaster recovery, Migrasi dan masih banyak lagi lainnya yang secara keseluruhan sebagai penunjang untuk proses transformasi digital dari server fisik menuju public cloud atau hybrid cloud.

Bagaimana dengan keamanan di Nutanix sendiri? Apakah sudah cukup aman untuk penyimpanan data?

Keamanan Pada Nutanix

Dalam fitur keamanan, Nutanix sendiri memiliki beberapa hal yang secara fungsinya sebagai proteksi untuk ransomware. Dari mulai melakukan deteksi, preventif sampai dengan recover.

Selain itu, dalam filosofi desain keamanan ada istilah yang di sebut Zero Trust dimana mengasumsikan bahwa jaringan, aplikasi, server, atau pengguna apa pun dapat dikompromikan sebagai serangan dan menetapkan kategori aset terpercaya dan tidak tepercaya sehingga diharuskan merancang protokol keamanan terkait asumsi itu.

Dengan Nutanix, keamanan dimulai dengan pondasi perangkat lunak yang kuat yang dibangun untuk arsitektur hybrid cloud. Dan juga dengan fitur dan fungsi untuk meningkatkan keamanan dan membantu pelanggan kami tidak hanya dengan pencegahan dan deteksi ancaman keamanan tetapi juga membantu mencegah kehilangan data dan memastikan bisnis tetap terus berjalan.

Banyak industri-industri pemerintahan, terutama di Indonesia yang mempercayakan solusi data center mereka dengan Nutanix. Hal ini juga karena dukungan dari lokal partner yang memiliki standarisasi dan kompetensi yang sudah di akui oleh Nutanix.

Saat ini ViBiCloud sudah berpartner dengan Nutanix sejak tahun 2020, dengan beberapa kompetensi yang ViBiCloud miliki. ViBiCloud akan membantu dari sisi support 24/7 dan service dengan team yang sudah siap untuk menjaga data center milik pelanggan dan juga memiliki sertifikasi di bidangnya. Hal ini yang membuat kompetensi dari ViBiCloud berbeda dengan partner-partner nutanix lainnya.

Konsultasikan lebih lengkap dengan tim kami, klik button dibawah ini.