Notice: Error when decoding a theme.json schema for user data. Syntax error in /home/code-kobo/public_html/wp-includes/class-wp-theme-json-resolver.php on line 314

Notice: Error when decoding a theme.json schema for user data. Syntax error in /home/code-kobo/public_html/wp-includes/class-wp-theme-json-resolver.php on line 314

021-3970 9999 info@vibicloud.com

Network Security Salah Satu Bagian Penting Cyber Security

network security

Table of Contents

Keamanan jaringan (Network Security) menjadi bagian yang cukup penting pada sebuah system keamanan siber. System ini berfungsi untuk menjaga validitas serta integritas sebuah data agar tetap selalu tersedia dan tidak bocor ke publik.

Ketika komputer / server terkoneksi ke sebuah jaringan, maka komputer tersebut berpotensi untuk terkena serangan. Untuk itu diperlukan pengendalian peraturan serta konfigurasi yang dijalankan pada system jaringan, agar pengaksesan terhadap komputer/server tersebut tidak sembarangan.

network-security-level
Network Security Level

Konsep Utama Network Security

Konsep dari network security hamper sama seperti cyber security, yaitu terbagi atas 3 konsep utama:

1. Confidentiality (Kerahasiaan) – adalah pengendalian terhadap pengaksesan server oleh user yang berkaitan, serta membatasi user lain agar tidak diperbolehkan mengakses ke server tersebut. Tujuannya agar data tidak digunakan oleh orang yang salah.

2. Integrity (Integritas) – adalah upaya untuk memastikan bahwa semua data/informasi selalu konsisten, akurat, serta terpercaya. Ketika data diakses melalui sebuah jaringan, maka adanya potensi data tersebut di curi di pertengahan proses transfer data, untuk itu pada konsep ini, biasa dilakukan proses enkripsi pada jaringan agar sekalipun data dicuri, data tersebut tidak dapat dibaca oleh pelaku pencurian.

3. Availability (Ketersediaan) – adalah upaya untuk memastikan bahwa data/informasi harus selalu dapat di akses dengan mudah tanpa adanya gangguan dari segi jaringan. Karena ketika user mengakses data ke server, satu-satunya jalan adalah melalui koneksi jaringan, namun Ketika adanya serangan terhadap jaringan tersebut, user pasti mengalami gangguan saat mengakses.

Jenis-jenis dan Bentuk Serangan Terhadap Sistem Jaringan

Jenis ancaman yang harus dihadapi oleh system dari networksecurity sebagai berikut:

1. Serangan secara Aktif – adalah ancaman yang dilakukan oleh penyerang yang menyebabkan terjadinya kerusakan pada data, hingga mengambil data otentikasi ke system jaringan tersebut agar bisa mengaksesnya.

Biasanya serangan aktif ini dilakukan dengan memodifikasi paket-paket yang melewati data stream. Ancaman ini sulit untuk di cegah karena perlu memeriksanya setiap saat secara fisik, sehingga metode yang paling efektif adalah melakukan pendeteksian terhadap seluruh lingkungan, dan memperbaiki kerusakan tersebut.

2. Serangan secara Pasif – berbeda dengan ancaman secara aktif, ancaman ini tidak merusak data atau mencoba masuk ke dalam sistem jaringan sehingga tidak terlalu membahayakan sumber data, tetapi hanya memantau lalu lintas data ke tujuan.

Ancaman ini sulit untuk di deteksi karena tidak adanya kerusakan pada data, sehingga perlu dilakukan metode pencegahan agar tidak ada user diluar lingkungan yang masuk ke sistem jaringan.

3. Serangan Sintaktik – penyerangan di arahkan ke kerentanan (vulnerability) pada sebuah software, juga membuat jaringan tidak bisa di akses (Denial of Service).

4. Spoofing Attack – adalah bentuk ancaman yang memalsukan penyerang sebagai seseorang yang dikenal oleh system.

5. Serangan Semantik – penyerang memanfaatkan system tersebut untuk menyebarkan berita palsu yang mengakibatkan suatu kejadian

6.Serangan Pembajakan – dimana penyerang melakukan pencurian data Ketika dalam proses transfer melalui sebuah jaringan.

Bagaimana Solusi Implementasi Network Security?

Menanggapi bahwa teknologi dan cara berfikir penyerang kian berkembang, sehingga dibutuhkan solusi untuk mencegah dan memperbaiki kerusakan yang kemungkinan akan terjadi pada system kita. Berikut adalah solusi yang dapat digunakan untuk mengimplementasikan network security:

1. Firewall – merupakan sebuah tembok penghalang antara sistem jaringan internal dengan jaringan eksternal. Firewall digunakan untuk memastikan bahwa pengelolaan jaringan koneksi antar internal dengan eksternal tetap aman. Bentuk dari firewall sendiri dapat berupa hardware maupun software yang di install di sebuah komputer atau server

2. Antivirus & Antimalware – software yang digunakan untuk mencegah hingga mendeteksi adanya software yang berbahaya pada setiap file dokumen yang ada pada system jaringan tersebut agar dipastikan semua dalam keadaan aman.

3. Content Filtering – software yang digunakan untuk menyaring halaman web ataupun email yang berbahaya. Content filtering termasuk ke dalam bagian firewall yang cukup penting dalam menetapkan kebijakan dalam mengakses sebuah halaman web termasuk mendeteksi adanya content berbahaya pada sebuah email.

4. Intrusion Detection – atau sering dikenal dengan IDS IPS, adalah tools yang memantau aktivitas berbahaya dari jaringan, mencatat semua aktivitas hingga dapat di Analisa dan mengambil tindakan untuk mencegah, hingga menghasilkan sebuah laporan dari kejadian tersebut.

Baca Juga : Pahami Cyber Security dan Penanganan Cyber Crime

Manfaat NetworkSecurity Secara Bisnis

Meskipun pengimplementasian network security ini tidak sepenuhnya menghilangkan ancaman bahkan terkena serangan, namun secara bisnis, network security menjadi bagian yang sangat penting dalam mengamankan system jaringan serta data untuk mengatasi hal berikut:

  1. Mencegah terjadinya kerusakan pada data yang menyebabkan kepercayaan terhadap pelanggan ataupun partner bisnis lain menurun.
  2. Data yang dikelola tidak konsisten dan tidak di perhatikan validitasnya akan menyebabkan bisnis kehilangan arah, karena menganalisa data yang salah.
  3. Platform yang anda jalankan digunakan sebagai penyebar issue hoax.
  4. Pertanggung jawaban terhadap data personal pelanggan, yang berpotensi digunakan untuk kejahatan.

ViBiCloud sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa penyedia layanan cloud juga dapat memberikan solusi bagaimana mengimplementasikan cyber security yang tetap sesuai dengan kebutuhan anda. Konsultasikan segera sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan!

Konsultasikan lebih lengkap dengan tim kami, klik button dibawah ini.