021-3970 9999 info@vibicloud.com

Memahami Apa itu Cloud Computing dan Manfaatnya Untuk Bisnis Anda

Apa itu cloud computing - vibicloud

Table of Contents

Untuk Anda yang datang kesini pastinya ingin mencari arti dari apa itu cloud computing bukan? Pada artikel kali ini Vibi akan memberikan pengertian yang simple dan mudah dipahami mengenai Cloud Computing.

Apa itu Cloud Computing?

Sebelum kita mengetahui apa itu cloud computing, mari coba kita bedah arti dari Cloud dan Computing dahulu. Jadi yang disebut Cloud itu adalah teknologi yang menggunakan jaringan Internet, sedangkan computing adalah dilakukan dengan menggunakan proses komputerisasi.

Cloud Computing - vibicloud
Cloud Computing

Jadi, Cloud Computing adalah Teknologi yang menggunakan jaringan internet untuk mengakses sumber daya untuk melakukan proses seperti, pengelolaan data, pengolahan data, sampai kepada pengaplikasiannya dan memiliki fungsi untuk menjalankan program dari komputer yang sudah terhubung satu dengan lainnya di waktu yang bersamaan.

Contohnya :

  • Pengelolaan data seperti (Google Drive, Dropbox, dan lainnya),
  • Pengolahan data seperti, pengolahan lembar kerja G sheet, atau edit gambar online Canva,Video Editing Online, dan lainnya.
  • Pengaplikasiannya seperti gameonline yang memungkinkan gamersnya bermain secara online.

Sampai disini sudah terbayang ya? Lalu, apa Keunggulan dan manfaat menggunakan Cloud Computing?

Cara Kerja Cloud Computing dan Keunggulannya

1. Bisa di Akses Dimana Saja, Kapan Saja

Dikarenakan cloud menggunakan jaringan internet, file yang disimpan di cloud dapat di akses dimana saja dan kapan saja. Bahkan Anda bisa mengaksesnya diberbagai gadget Anda.

Bayangkan jika Anda masih menyimpan data di komputer rumah atau PC Anda dan Anda ingin mengaksesnya di laptop atau gadget Anda, maka file tersebut harus di pindahkan terlebih dahulu bukan?

Dengan menggunakan cloud hal tersebut tidak perlu dilakukan, Anda hanya tinggal mengaksesnya di gadget Anda yang sudah terkoneksi dengan cloud. Jauh lebih simple bukan?

2. Backup Data Jika Ada Bencana

Bayangkan kembali jika komputer, laptop atau gadget yang Anda gunakan rusak atau terkena bencana bahkan dicuri, sehingga file yang ada di perangkat tersebut tidak bisa Anda ambil. Bagaimana jika ada file yang penting? Pasti sangat merepotkan bukan.

Dengan adanya teknologi cloud ini, Anda dapat menyimpan data Anda dengan Aman dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kehilangan data penting kita.

3. Update Layanan Secara Otomatis

Berbicara mengenai cloud bukan hanya tentang pengelolaan data. Pengolahan data-pun menjadi jauh lebih praktis. Pernahkah Anda menggunakan layanan desain online seperti Canva? Dengan menggunakan Canva, Anda tidak perlu menginstallnya di Laptop Anda bukan? Anda hanya tinggal login dan langsung menggunakannya.

Bukan sampai disitu saja, jika layanan Canva ada update mungkin menambahkan template dan fitur-fitur terbaru lainnya, Anda pun sudah bisa langsung menikmatinya tanpa harus melakukan update pada software canva tersebut apalagi harus mengnistallnya. Itulah keunggulan Cloud, dimana semuanya sudah jauh lebih efektif dan efisien.

4. Kolaborasi dan Kontrol Dokumen (Sistem Dapat digunakan Secara Bersamaan)

Keunggulan selanjutanya dalam menggunakan teknologi cloud ini adalah dapat digunakan secara bersamaan. Jika Anda dan tim memiliki pekerjaan yang harus dilakukan bersamaan, teknologi cloud ini sangat dapat diandalkan.

Contoh simple-nya adalah seperti Anda menggunakan Microsoft 365, atau Google Sheet yang memungkinkan Anda dapat mengedit atau mengerjakan pekerjaan Anda di halaman yang sama.

Manfaat Cloud Computing Bagi Perusahaan atau Bisnis

1. Efisiensi Biaya Dalam Infrastruktur IT

Didalam sebuah perusahaan pastinya memiliki data-data yang nantinya akan semakin banyak, dan data tersebut akan sangat sulit dikumpulkan bila di simpan di komputer yang berbeda-beda.

Maka dari itu, layanan Cloud menjadi solusinya, selain tidak perlu untuk membeli atau memasang perangkat lunak dan keras untuk menyimpan data. Cloud juga bisa di atur secara fleksibel sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

Mungkin di awal perusahaan dapat menggunakan layanan Cloud gratis yang ada seperti, Dropbox, Google Drive, One Drive, dan lainnya. Namun, layananan gratis pasti memiliki batasan penyimpanannya. Cloud Computing berfungsi sebagai efisiensi biaya pada infrastruktur IT sebuah bisnis, sebab biaya dapat di atur sesuai kebutuhan bisnis Anda.

2. Meningkatkan Performa Kerja

Dengan menggunakan Cloud Computing maka setiap orang di dalam perusahaan bisa mengakses kebutuhan data serta aplikasi kapan saja dan dimana saja. Hal ini tentunya bisa membuat performa kerja perusahaan meningkat. Apalagi dalam kondisi seperti Pandemi yang diharuskan untuk bisa bekerja dimana saja.

3. Meningkatkan keamanan data perusahaan

Dimasa lalu, data maupun dokumen masih berupa file hard copy dan menjadikan perusahaan tidak bisa mengontrol keamanannya sebab bisa dibaca oleh siapa saja.

Dengan memakai Cloud Computing maka keamanan data bisa terjamin karena disimpan dalam server yang hanya bisa dilihat oleh mereka yang mendapatkan akses. Disamping itu, semua file akan tersusun rapi serta tidak memakan tempat.

Perbedaan Cloud Computing dan Hosting Tradisional

Cloud Computing memiliki 3 karakteristik utama yang menjadi pembeda dengan hosting tradisional:

1. Pay As You Go

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya layanan cloud dapat di atur sesuai kebutuhan bisnis atau perusahaan Anda. Dengan teknologi cloud, Anda sudah tidak perlu khawatir dengan adanya kelebihan biaya untuk membayar layanan yang tidak Anda perlukan.

Berbeda dengan layanan hosting tradisional yang biasanya dikenakan oleh user dengan membayar sesuai paket untuk periode atau waktu tertentu dan tidak bisa disesuaikan.

2. Flexible

Dengan teknologi dan sistem dari cloud, pengguna dapat dengan mudah menyesuaikan kapasitas layanan yang dibutuhkan. Berbeda dengan layanan hosting tradisional yang saat kita beli sudah mendapatkan kapasitas yang sesuai dengan paket tertentu.

3. Fully Managed Service

Melalui sistem cloud, efisiensi juga dapat terlihat dan dirasakan dalam sisi pengerjaan dan pemeliharaan infrastruktur. Teknologi cloud tidak mengharuskan user untuk memiliki server dan perangkat sendiri untuk menyimpan dan mengolah data dan aplikasi.

Hal inilah yang mempermudah pengguna teknologi cloud, karena tentunya pemeliharaan dari layanan yang digunakan akan menjadi tanggung jawab dari pihak penyedia layanan cloud tersebut.

Tipe Layanan Cloud Computing

Cloud computing pada umumnya memiliki 3 tipe layanan. Layanan cloud ini ditujukan untuk penggunaan dengan kepentingan dan skala yang berbeda-beda. Mari simak 3 jenis layanan cloud berikut ini :

1. Private Cloud

Private Cloud adalah layanan Cloud yang digunakan untuk keperluan internal perusahaan ataupun institusi. Biasanya digunakan oleh perusahaan yang membutuhkan data yang tidak boleh disebarluaskan, contohnya seperti perusahaan bank, pemerintahan, dan militer.

Layanan Private Cloud digunakan oleh perusahaan untuk membangung Data Center sendiri, dari mengelola data, pengolahan sampai kepada pengaplikasiannya dijalankan oleh perusahaan itu sendiri, dan juga perusahaan akan mengelola mulai dari infrastruktur hingga maintenance software dan platform yang digunakan.

Keuntungan menggunakan private cloud adalah keamanannya yang sangat terjaga karena semua hal karena semuanya dikelola oleh badan atau institusi itu sendiri, bukan pihak luar perusahaan.

Namun tantangannya adalah waktu dan sumber daya untuk merawat, mengatur, dan menjaga infrastruktur tersebut untuk memastikan tetap berjalan dengan normal dan lancar.

2. Public Cloud

Public cloud adalah layanan teknologi cloud yang memungkinkan data dapat diakses oleh siapa saja. Layanan public cloud ada versi yang gratis dan berbayar. Namun, layanan cloud dengan beberapa platform yang gratis pastinya memiliki fitur dan layanan yang terbatas seperti kapasitas memori dan fitur lainnya. Sedangkan versi berbayar, biasanya kapasitasnya sangat besar dengan fitur yang lebih banyak dan lengkap.

Public Cloud memiliki 3 jenis Layanan, yaitu IaaS, PaaS, dan SaaS. Apa itu? ViBi akan membahasnya di artikel berikutnya ya. Namun, beberapa contoh layanan public cloud yang gratis adalah platform dari Google seperti Google Drive, Gmail, dan lainnya.

Kemudian layanan media sosial seperti Facebook dan Instagram, itu juga termasuk layanan public cloud dimana pengguna hanya tinggal menggunakan platform yang telah tersedia.

Dengan menggunakan Public cloud Anda tidak perlu mengeluarkan budget lebih untuk mengelola atau maintenance infrastruktur dan platform/aplikasi yang digunakan.

Namun ada kelemahan menggunakan public cloud yaitu mengenai keamanan data. Sehingga Anda perlu selektif memilih provider public cloud yang terpercaya demi keamanan data Anda, konsultasikan kepada ViBi mengenai kebutuhan Cloud Anda.

3. Hybrid Cloud

Hybrid cloud adalah layanan cloud gabungan dari public cloud dan private cloud. Biasanya institusi atau perusahaan-perusahaan mengaplikasikan layanan hybrid cloud ini  berkaitan dengan hukum dan kerahasiaan data-data klien yang dimiliki, sehingga harus tetap memiliki private cloud sebagai media penyimpanan perusahaan secara rahasia.

Demikian penjelasan mengenai apa itu Cloud Computing, manfaat dan tipe cloud computing. Teknologi Cloud Computing memberikan manfaat yang sangat banyak dan tujuan yang baik demi perkembangan khususnya untuk pemanfaatan dalam bisnis Anda.

Temukan Artikel selanjutnya mengenai Cloud Computing dan teknologi dengan klik disini. Anda juga dapat langsung berkonsultasi dengan tim ViBiCloud dengan menekan tombol contact us dibawah ini.

Konsultasikan lebih lengkap dengan tim kami, klik button dibawah ini.