Notice: Error when decoding a theme.json schema for user data. Syntax error in /home/code-kobo/public_html/wp-includes/class-wp-theme-json-resolver.php on line 314

Notice: Error when decoding a theme.json schema for user data. Syntax error in /home/code-kobo/public_html/wp-includes/class-wp-theme-json-resolver.php on line 314

021-3970 9999 info@vibicloud.com

Masih Bingung Manage Multi-Cloud? No More!

Table of Contents

Cloud server merupakan suatu hal tidak asing di era saat ini, banyak perusahan memulai tranformasi terhadap teknologi yang diterapkan dari on premises ke cloud server untuk menunjang proses bisnis mereka agar semakin berkembang.

Seperti yang kita ketahui banyak sekali cloud provider yang menyediakan bebagai macam layanan cloud server baik lokal atau pun non-lokal yang telah menyediakan layanan di beberapa negara, seperti Microsoft Azure, Amazon Web Service, Google Cloud Platform, Alibaba Cloud, Huawei Cloud.

Dengan banyak nya provider cloud server, kita dapat dengan leluasa memilih provider yang dapat memberikan solusi terbaik dengan layanan yang mereka berikan, dan menggabungkan dua atau lebih cloud server untuk membangun suatu IT Environment yang tepat atau yang biasa kita sebut dengan multi cloud.

Multi Cloud 

Multi Cloud dapat menghasilkan suatu IT environment yang dapat memenuhi kebutuhan bisnis yang semakin berkembang pesat dikarenakan memiliki beberapa keunggulan, lebih detail nya, berikut beberapa kelebihan dari multi cloud:

Fleksibilitas: Multi cloud memberikan fleksibilitas terhadap penggunanya melakukan kolaborasi antara services services yang dimiliki beberapa cloud provider untuk membangun cloud server yang tepat.

SLA Yang Lebih Terjamin: Setiap cloud server pasti akan menjamin SLA yang tinggi bagi para penggunanya, namun tidak ada yang menjamin SLA pada angka 100%. Oleh sebab itu, dengan menggunakan multi cloud kita dapat menghindari resiko kegagalan sistem pada suatu cloud server yang mengakibatkan IT environment yang kita bangun di cloud server tersebut tidak dapat diakses.

Dibalik dari kelebihan kelebihan tersebut, tentu saja terdapat kekurangan pada teknologi multi cloud maupun hybrid cloud. Salah satunya adalah sulitnya dalam melakukan manajemen terhadap server yang kita bangun di beberapa cloud server.  Dimana yang kita ketahui, setiap cloud server memiliki portal tersendiri untuk melakukan manajemen terhadap layanan yang dibangun, sehingga cloud administrator  harus mengakses portal portal tersebut agar dapat melakukan manajemen terhadap layanan cloud  yang dimiliki.

Azure Arc

Pada bulan November 2020, Microsoft Azure meluncurkan layanan terbaru mereka yang bernama Azure Arc. Salah satu fungsi dari Azure Arc ialah menghubungkan cloud server diluar layanan Azure, dalam artian cloud server lain maupun yang berada pada ­on-premises. Nantinya cloud server yang terhubung dengan Azure Arc dapat terlihat pada portal Azure sama hal nya dengan server (virtual machine) yang dibangun di Azure itu sendiri.

Apa saja yang dapat dilakukan Azure Arc? Azure Arc memberikan kemudahan dalam melakukan manajemen multi cloud dalam satu dashboard saja. Dengan menggunakan Azure Arc, server dari cloud server lain maupun server on premises dapat menggunakan beberapa services pada Azure seperti Azure Monitor, Log Analytics , Azure Sentinel yang dapat memudahkan dalam melakukan manajemen server tersebut seperti monitoring, security, hingga automation.

Lalu bagaimana cara Azure Arc bekerja? Secara singkat Server yang ingin kita hubungkan ke Azure akan melakukan Instalasi agent yang dikhususkan untuk Azure Arc. Setelah agent terinstall pada server / virtual machine kemudian hanya tinggal melakukan sedikit konfigurasi pada portal Azure, sehingga server / virtual machine dari cloud provider lain terlihat pada portal Microsoft Azure.

Untuk informasi yang lebih lengkap mengenai Azure Arc, serta solusi solusi lain mengenai multi cloud, ViBiCloud yang merupakan Cloud Solution Provider yang telah bekerja sama dengan beberapa cloud provider siap memberikan solusi terbaik mengenai multi cloud yang dapat membantu pengembangan bisnis anda.

Hubungi kami!
Email: info@vibicloud.com
Whatsapp: Klik Disini

Konsultasikan lebih lengkap dengan tim kami, klik button dibawah ini.