021-3970 9999 info@vibicloud.com

Layanan Cloud Computing : Ada Apa Saja?

layanan cloud computing

Table of Contents

Sebelum membahas tentang Layanan Cloud Computing, apakah Anda ingat kiasan “ada harga ada rupa”? Dalam membangun sebuah server lokal atau yang sekarang sering disebut “Tradisional Informasi Teknologi (Tradisional IT)” membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Namun kita bisa sepakat bahwa pengaplikasian dari Tradisional IT ini memang sangat membantu baik bagi perusahaan besar maupun kecil dalam pengelolaan dan kecepatan pengiriman data berbasis ethernet.

Akan tetapi jika kita melihat kondisi ditengah masa pandemi Covid 19 masih belum mendapatkan hasil yang memuaskan bagi penduduk di dunia ini, membuat transformasi bisnis pada perusahaan besar maupun kecil berubah menuju kearah digital dengan begitu cepat, tidak terkecuali di Indonesia sendiri.

girl wear mask
Boring karena Covid

Pemerintah setempat dengan cepat memberlakukan Pembatasan-pembatasan untuk menahan laju penyebaran Covid-19, hal ini tentu sangat bermanfaat bagi masyarakat luas, tetapi disaat bersamaan hal tersebut tidak serta merta membuat pihak tertentu merasa diuntungkan.

Khususnya bagi dunia usaha, baik perusahaan besar maupun kecil, perusahaan tersebut memberlakukan sistem jam kerja bergantian / shifting work kepada para pegawainya.

Hal ini dapat berdampak pada pengelolaan dan pengiriman data berbasis ethernet serta maintenance server yang ada di perusahaan tersebut, dimana para pegawai sudah tentu harus datang ke kantor untuk mengakses data perusahaan yang masih tersimpan di server lokal.

Sudah jelas persoalan ini akan menghambat kecepatan dan efektivitas bekerja dari para pegawainya, karena sebagian ada yang bekerja dari kantor dan sebagiannya ada yang bekerja dari rumah.

Layanan Cloud Computing

Layanan Cloud Computing secara singkat dapat dijelaskan sebagai layanan teknologi pengelolaan dan penyimpanan data secara virtual berbasis internet. Sistem ini dapat menyesuaikan dengan kapasitas di berbagai macam industri, baik untuk perusahaan besar maupun kecil.

Contoh pengaplikasian Cloud Computing yang kita sering lihat setiap harinya adalah email, media sosial, aplikasi virtual meeting, website, sistem kasir pertokoan modern, sistem pencatatan perkantoran modern dan masih banyak lagi.

Disamping itu, sistem ini juga menawarkan banyak fitur dan manfaat bagi penggunanya. Jika pengguna ingin merasakan fitur dan manfaat dari sistem ini, pertama-tama apakah pengguna perlu mempersiapkan kebutuhan biaya yang cukup besar seperti halnya pada pembuatan sistem Tradisional IT? Kabar baiknya, pengguna tidak perlu mengeluarkan biaya yang cukup besar.

Bahkan bagi pengguna yang baru mau mencoba sistem inipun juga akan mendapatkan fasilitas uji coba / trial dari Cloud Services Provider.

Hal ini dapat menjadi jalan keluar atas persoalan yang terjadi, disamping untuk mengembalikan kecepatan dan efektivitas bekerja dari para pegawai ditengah situasi pandemi Covid 19, pengguna juga akan mendapatkan manfaat lainnya, misalnya kita ambil contoh dalam hal efisiensi anggaran IT.

Jika pada Tradisional IT, pengguna diharuskan mempunyai; ruangan khusus, rak, infrastrukturnya, servernya itu sendiri dan hal teknis lainnya yang menunjang agar fungsi server dapat berjalan dengan optimal.

Tapi lagi-lagi, kalau kita baca kembali pada awal kalimat artikel ini jika menggunakan tradisional IT rasanya akan membutuhkan biaya yang cukup besar yah.

Maka, dengan menggunakan sistem Cloud Computing ini, pengguna akan disesuaikan dengan budget dan kebutuhannya.

Baca Juga : Memahami Apa itu Cloud Computing dan Manfaatnya Untuk Bisnis Anda

Manfaat Menggunakan Layanan Cloud Computing

Manfaat yang akan dirasakan pengguna saat memakai sistem Cloud Computing ini, antara lain:

1. Efisiensi / hemat dalam menyusun anggaran IT.

2. Pengaksesan data ini tanpa harus instalasi aplikasi tertentu dan tentu penyimpanan data juga tidak membebani pada memori komputer si pengguna.

3. Skalabilitas yang menyesuaikan dengan kebutuhan, keamanan data.

4. Kemudahan dalam akses data dimanapun pengguna berada, dan masih banyak lagi.

Bagi pengguna sistem Cloud Computing ini dapat menjadi lebih efisien jika dibandingkan dengan sistem Tradisional IT, tetapi apakah benar demikian?

Hal yang Harus Diperhatikan Jika Menggunakan “Tradisional IT”

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan pengguna “Tradisional IT” sebelum bertransformasi digital dengan menggunakan sistem Cloud Computing.

Pengguna dapat memahami konsep implementasi, dan konsep migrasi akan kebutuhannya. Kenapa kalau tidak memahami konsep-konsep tersebut?

Karena pengguna kemungkinan akan kebingungan dengan banyaknya fitur dari layanan Cloud yang disediakan. Contoh layanan cloud computing seperti di Huawei Cloud menyediakan Cloud meeting, Idea Hub dan masih banyak lainnya, sedangkan di Alibaba Cloud menyediakan Migration Services, Elastic Container Services (ECS), Inference Chip dan masih banyak lainnya begitu juga dengan Amazon Web Server, Microsoft Azure, Google Cloud Platform dan Cloud Services Provider lainnya.

Berbagai fitur tersebut tentu bermanfaat bagi pengguna, tetapi apakah efektivitas dari fitur-fitur tersebut tepat akan kebutuhannya?

Layanan Cloud Computing ViBiCloud

Bagi pengguna yang ingin berpindah layanan server lokal / bertransformasi digital, baik bagi perusahaan besar maupun kecil, ada kabar baik bagi pengguna agar tidak perlu bersusah payah dalam memilih Cloud Services Provider atau penyedia layanan cloud computing mana yang terbaik, dan fitur-fitur apa saja yang tepat akan kebutuhan dari si pengguna.

vibicloud logo

Pengguna hanya tinggal menghubungi ViBiCloud sebagai perusahaan managed services provider penyedia layanan cloud computing yang tepat dalam mengoptimalkan penggunaan sistem Cloud ini.

Dengan kata lain semua kebutuhan akan layanan cloud computing yang dibutuhkan perusahaan Anda, ViBiCloud akan menyediakan dan menyesuaikan dengan fitur-fitur yang dibutuhkan serta membantu Anda dalam menjalankan seluruh aktifitas tersebut.

Layanan Cloud Computing ViBiCloud sudah bersertifikasi ISO 27001 juga berkomitmen dalam mengelola, mengendalikan resiko, dan menjaga keamanan informasi serta menjembatani antara para developer / startup lokal dengan Cloud Services Provider terbaik.

Pengguna akan dapat langsung merasakan bantuan ViBiCloud yang sudah terbukti kinerjanya dalam 4 model layanan cloud computing, berikut ini:

  1. Implementation Services
  2. Consultation Services
  3. Migration Services
  4. Enablement Services

4 proses ini akan diimplementasikan ke dalam Cloud Services Provider terbaik seperti Microsoft Azure, Amazon Web Services (AWS), Alibaba Cloud, dan Huawei Cloud.

Untuk memastikan pengelolaan, dan penyimpanan serta keamanan data berbasis internet bagi pengguna dapat berjalan dengan optimal dan tentunya efisiensi biaya akan terlaksana dengan tepat.

ViBiCloud Workspace

Tidak sampai disitu saja, ViBiCloud juga menyediakan layanan 24/7 yang didukung oleh tenaga handal IT agar setiap kendala yang pengguna alami dapat diberikan solusi terbaik.

Committed to your accomplished menjadi target utama dalam pelayanan yang diberikan ViBiCloud terhadap pelanggannya.

Dengan membaca artikel ini, pengguna dapat membandingkan dan mempertimbangkan dari sisi efisiensi anggaran, kemudahan dalam akses data, dan keamanan data antara sistem Tradisional IT dengan sistem Cloud Computing. Masih banyak lagi manfaat lainnya mengenai sistem Cloud ini, menarik bukan?!

Selalu ada alasan untuk belajar hal baru, dan Anda tidak akan pernah siap, tapi mulailah!

Konsultasikan lebih lengkap dengan tim kami, klik button dibawah ini.