Notice: Error when decoding a theme.json schema for user data. Syntax error in /home/code-kobo/public_html/wp-includes/class-wp-theme-json-resolver.php on line 314

Notice: Error when decoding a theme.json schema for user data. Syntax error in /home/code-kobo/public_html/wp-includes/class-wp-theme-json-resolver.php on line 314

021-3970 9999 info@vibicloud.com

Database NoSQL: Pengertian, Jenis dan Keunggulannya

database - vibicloud

Table of Contents

Setiap perusahaan pada umumnya menggunakan Database, yang biasanya diketahui oleh masyarakat adalah layanan Database SQL, nah ini nih yang kemungkinan banyak produsen masih belum mengetahui apa database itu sendiri bahkan database nosql dan terdiri dari apa saja?

Pada artikel hari ini, vibi akan sharing mengenai apa itu database dan apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh perusahaan pada New Normal melalui perkembangan teknologi.

Jenis Database

Database terbagi 2 jenis dimana ada SQL databases dan No SQL database. Pada artikel kali ini vibiers akan sharing untuk knowledge database umumnya beserta teknologi terbaru yaitu No SQL Database.

Pada kalangan awam maupun pemula dalam dunia IT biasanya mengartikan SQL adalah sebuah database yang digunakan dalam mengakses data, singkatan dari SQL itu sendiri adalah Structured Query Language dimana SQL dapat mengolah informasi dengan didukung oleh data yang ada pada perusahaan yang saling berhubungan antara satu departemen dengan data departemen lainnya.

SQL juga menjadi Bahasa yang umum dalam dunia Teknologi, dimana biasanya digunakan untuk manajemen bisnis dengan berbasis data relasional (RDBMS). Yang dirancang untuk aplikasi dengan arsitektur client/server.

Bahasa teknologi dalam data basis relasional ini berdasarkan standar yang dikeluarkan oleh American National Standard Institute (ANSI). Standardisasi SQL sudah ada sejak tahun 1986 dan memang diinisiasi oleh ANSI. Hingga sekarang ini dimana dalam sebuah database maupun software mampu mengartikan Bahasa SQL itu sendiri.

noSQL database vibicloud

Apa itu Database NoSQL?

Database NoSQL  merupakan jenis basis data yang tidak menggunakan perintah SQL dalam menyimpan ataupun transfer out data. Kebanyakan Database NoSQL digunakan dalam dunia aplikasi web waktu (Real-time). Perbedaan dengan database SQL adalah meskipun berbeda-beda deployer tapi cara kerja maupun cara penggunaannya relative sama. Database No SQL sangat berbeda dengan yang lainnya . Dapat dilihat dari penyimpanan data No SQL terdiri dari beberapa jenis dimana adanya MongoDB, Cassandra, dan lain-lain.

Mongo DB

MongoDB database merupakan kumpulan data yang disimpan secara sistematis didalam komputer yang dapat diolah atau dimanipulasi menggunakan perangkat lunak (software) program atau aplikasi untuk menghasilkan informasi.

MongoDB merupakan salah satu produk database NoSQL (Not only SQL) open source yang menggunakan struktur data JSON untuk menyimpan datanya. MongoDB sering dipakai untuk aplikasi berbasis Cloud, Grid Computing, dan Big data.

MongoDB adalah database terdistribusi dengan tujuan umum, berbasis dokumen, yang dibangun untuk pengembangan aplikasi modern dalam era cloud (awan). Seperti yang kita singgung sebelumnya, MongoDB merupakan salah satu jenis database NoSQL yang berbasis dokumen dengan format JSON. Apabila pada RDBMS SQL lainnya data disimpan dalam bentuk tabel, maka pada MongoDB data disimpan dalam bentuk dokumen dengan format json. Selain itu, MongoDB tidak memiliki relasi atau non-relasional antar tabel. Beberapa contoh database dengan konsep NoSQL lain seperti, MongoDB, ArangoDB, Redis, Casandra, dan lain-lain

Keunggulan Database NoSQL

Keunggulan Database No SQL dibandingkan Relasional yaitu menyediakan berbagai model data untuk dipilih, mudah diskalakan, administrator database tidak diperlukan lagi, beberapa penyedia DBaaS No SQL seperti Riak dan Cassandra deprogram untuk menangani terjadinya kegagalan pada Hardware, Lebih cepat, lebih efisien dan fleksibel, kecepatan yang sangat tinggi.

Prospek masa depan untuk Database No SQL berkembang sangat pesat, No SQL masih tertinggal dibelakang database relasional dalam hal jumlah pengguna. Alasan utama dibalik ini adalah bahwa pengguna lebih akrab dengan SQL sementara database No SQL tidak memiliki kueri standar Bahasa. Terdapat beberapa penyedia DBaaS melalui Cloud yang dapat bekerja pada model database Hybrid. Dengan adanya beberapa kemajuan lagi dalam hal ini arsitektur Hybrid prospek masa depan untuk database No SQL di DBaaS akan sangat baik

So, tunggu apa lagi vibiers lets try our NoSQL Database for update your technology in your enterprise, see ya!

Email: info@vibicloud.com
Whatsapp: Klik Disini

Konsultasikan lebih lengkap dengan tim kami, klik button dibawah ini.