Notice: Error when decoding a theme.json schema for user data. Syntax error in /home/code-kobo/public_html/wp-includes/class-wp-theme-json-resolver.php on line 314

Notice: Error when decoding a theme.json schema for user data. Syntax error in /home/code-kobo/public_html/wp-includes/class-wp-theme-json-resolver.php on line 314

021-3970 9999 info@vibicloud.com

Pahami Cyber Security dan Penanganan Cyber Crime

cyber security

Table of Contents

Tidakah Anda tahu bahwa kejahatan tidak hanya terjadi di dunia nyata, tapi juga terjadi di dunia digital atau nama lainnya adalah cyber crime? Bagi Anda yang memiliki atau bekerja di suatu perusahaan, keamanan digital yang Anda gunakan saat ini harus di perhatikan. Untuk itu penting bagi Anda memahami apa itu cyber security, yuk kita simak sama-sama pada artikel ini.

Kriminalitas yang terjadi di dunia saat ini semakin marak. Dilansir dari website berita kompas, cyber crime di Tanah Air sedang marak. Meskipun begitu, pihak kepolisian juga terus mengantisipasi agar angka kejahatan cybercrime berkurang seminimal mungkin.

Sangat penting untuk mengenali sepertia apa serangan-serangan yang ada pada cyber security.

Apa itu Cyber Security?

Dikemukakan oleh Bhakti Eko Nugroho, M.A (Sekertaris dan Dosen Departemen Kriminologi FISIP UI), Cyber Crime adalah aktivitas ilegal yang dilakukan oleh pelaku kejahatan dengan menggunakan teknologi sistem informasi jaringan komputer yang secara langsung menyerang teknologi informasi dari yang ditargetkan.

Hal ini lah yang menjadi alasan mengapa cyber security sangat penting untuk di pahami dan di implementasikan. Cyber Security adalah tindakan yang dilakukan untuk melindungi system, data, jaringan, dan program dari serangan digital.

Cyber Security mencakup alat/teknologi yang digunakan, kebijakan yang harus dipatuhi bersama, konsep keamanan, hingga system yang dibangun untuk menyelesaikan masalah keamanan yang terjadi.

Implementasi dan Konsep Utama Cyber Security

Untuk memulai pengimplementasian cyber security, berikut 3 konsep utama yang perlu di ketahui:

1. Confidentiality (Kerahasiaan) – adalah upaya yang dilakukan dalam merahasiakan data/informasi agar tidak terjadi kebocoran data.

2. Integrity (Integritas) – adalah upaya untuk memastikan bahwa semua data/informasi selalu konsisten, akurat, serta terpercaya

3. Availability (Ketersediaan) – adalah upaya untuk memastikan bahwa data/informasi harus selalu dapat di akses dengan mudah tanpa adanya gangguan.

Elemen-Elemen Dari Cyber Security

Berikut adalah beberapa bagian yang harus ada di dalam sebuah sistem cyber security:

  1. Application Security
  2. Network Security
  3. Information Security
  4. Operation Security
  5. Operational Security
  6. Disaster Recovery Planning
  7. End-User Education

Jenis-Jenis Ancaman di Dunia Maya

Jenis ancaman yang harus dihadapi oleh system dari cyber security sebagai berikut:

1. Cyber Crime adalah kejahatan yang menjadikan system computer sebagai target, dimana pelaku mengakses ke system tersebut secara illegal, dengan tujuan melakukan transmisi illegal maupun manipulasi data secara illegal sehingga dapat mencari keuntungan finansial

2. Cyber Attack adalah kejahatan yang melibatkan kepentingan politik, dimana pelaku berusaha mencari informasi, mencuri data, serta mengambil alih system targetnya

3. Cyber Terrorism adalah kejahatan yang ditujukan untuk mengancam, memprovokasikan atau mengintimidasi target melalui system computer. Biasanya ditujukan untuk target skala besar.

Metode Ancaman Cybercrime

Sementara itu, cyber security juga harus mampu mengatasi metode ancaman sebagai berikut:

1. Malware – biasanya berbentuk software (virus) berbahaya untuk mengeksploitasi ataupun merusak sistek komputasi.

2. Ransomware – sejenis dengan malware, namun lebih berbahaya. Metode ini di desain untuk mengunci file ataupun akses ke perangkat Anda, dan pelaku meminta bayaran sejumlah untuk sebagai tebusan.

3. Phishing – metode yang digunakan untuk mencuri data sensitive target dengan menipu target melalui email, telepon, maupun pesan teks.

4. Social Engineering – metode yang digunakan oleh pelaku untuk mengeksploitasi aspek psikologi target untuk memberikan informasi sensitive seperti password, cara meretas keamanan, dan lainnya.

Implementasi Cyber Security

Bagaimana kita mengimplementasikan keamanan siber yang benar dan tepat agar efektif menanggulangi bahkan mencegah serangan cyber sekarang ini?

Adanya salah satu Lembaga dunia bernama British Standards Institution (BSI) telah membuat standarisasi yang dapat menjadi pengarah untuk perusahaan mengimplementasikan keamanan yang tepat untuk information security management system, dengan sertifikasi ISO/IEC 27001 sebagai standarisasi terbaru.

Salah satu fungsinya ketika perusahaan mendapatkan sertifikasi tersebut, perusahaan dapat mengimplementasikan secara langkah demi langkah dan meningkatkan kepercayaan para customer karena perusahaan yang sudah memiliki sertifikat ini memiliki tingkat keamanan yang berstandar internasional.

ViBiCloud selaku penyedia layanan Cyber Security sudah mendapatkan sertifikasi ISO/IEC 27001, jika Anda memiliki masalah mengenai Cyber Crime kami dapat membantu Anda, silahkan kontak kami dengan klik tombol “Contact Us” setelah artikel selesai Anda baca.

Manfaat Cyber Security Secara Bisnis

Mungkin tidak banyak orang menyadari, betapa pentingnya Cyber Security dalam dunia bisnis. Mari kita kupas satu per satu apa manfaat dari cyber security:

1. Data/informasi sensitive terlindungi – karena cyber security merupakan Tindakan yang dilakukan untuk melindungi sistem komputasi, maka salah satu tujuannya untuk data/informasi sensitive agar tidak bocor

2. Menjaga para karyawan untuk bekerja dengan aman – dengan sistem keamanan yang kuat, menjadikan karyawan sebagai salah satu asset untuk melindungi data/informasi, seperti memberikan kebijakan, langkah-langkah yang perlu dilakukan oleh para karyawan.

3. Produktivitas yang terus meningkat – melindungi alat-alat dari system komputasi serta jaringan yang digunakan. Membuat produktivitas perusahaan Anda juga tidak terganggu, sehingga dapat lebih produktif tanpa mengesampingkan keamanan.

4. Memberikan ketersediaan pengaksesan data secara konsisten – cyber security juga ditujukan untuk meminimalisir terjadinta downtime pada layanan bisnis Anda, agar layanan tetap selalu tersedia oleh para pengguna

5. Menjaga kepercayaan pelanggan – semakin kuat system dari cyber security, maka tingkat gangguan keamanan akan semakin kecil, membuat pelanggan merasa aman dan nyaman tanpa perlu kawatir lagi.

ViBiCloud sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa penyedia layanan cloud dan juga dapat memberikan solusi bagaimana mengimplementasikan cyber security yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda. Yuk Konsultasikan segera sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan!

Konsultasikan lebih lengkap dengan tim kami, klik button dibawah ini.