Notice: Error when decoding a theme.json schema for user data. Syntax error in /home/code-kobo/public_html/wp-includes/class-wp-theme-json-resolver.php on line 314

Notice: Error when decoding a theme.json schema for user data. Syntax error in /home/code-kobo/public_html/wp-includes/class-wp-theme-json-resolver.php on line 314

021-3970 9999 info@vibicloud.com

Apakah Bandwidth Penyebab Jaringan atau Koneksi Internet Tidak Stabil?

pengertian bandwidht

Table of Contents

Bagi kita yang sehari-hari menggunakan internet pasti pernah mendengar apa itu bandwidth. Ya, bandwidth tidak dapat dipisahkan dengan jaringan internet, tapi bandwidth masih sering disalahartikan sebagai kecepatan suatu internet. Jadi, mau makin paham soal bandwidth? Mari kita lihat lebih detail pada artikel yang satu ini.

Apa Itu Bandwidth?

Bandwidth adalah sebuah volume maksimum data yang dapat dikirim atau ditransmisikan melalui koneksi internet dalam jumlah yang terukur.

Bandwidth berbicara tentang nilai konsumsi dalam transfer data yang dihitung bit per second (bps) antara server dan pengguna dalam kurun waktu tertentu. Kapasitas sebuah bandwidth sangat mempengaruhi sebuah data yang dialirkan.

Contohnya jika kapasitas bandwidth semakin besar maka semakin besar pula data yang ditampung dan dialirkan bahkan tanpa jeda.

apa itu bandwith

“Bandwidth diibaratkan pipa yang memiliki diameter tertentu, semakin besar diameternya maka semakin banyak air yang dapat mengalir di dalam pipa tersebut.”

Apa Saja Fungsi Bandwidth?

Dilihat dari penggunaanya, bandwidth memiliki beberapa fungsi seperti berikut ini:

1. Ukuran Media Pengiriman Data

Bandwidth umumnya digunakan sebagai patokan pengguna untuk memilih provider yang berhubungan dengan koneksi internet. Jadi, ukuran media atau jalur pengiriman data yang dimiliki suatu komputer atau jaringan tertentu merupakan salah satu fungsi bandwidth.

2. Membagi Kecepatan Transfer Data

Membatasi secara adil kecepatan transfer data sangat diperlukan agar alokasi bandwidth dapat dipakai oleh seluruh pengguna. Jika dibayangkan seorang sedang melakukan permintaan data yang besar jika tidak dibatasi maka pengguna lain akan lambat atau bahkan tidak mendapat koneksi sama sekali.

3. Mengatur Besar Data yang Ditransfer

Dalam mengurangi trafik tinggi dalam jangka waktu lama yang dapat mengganggu stabilitas jaringan dan mempengaruhi kapasitas bandwidth yang tersedia, maka dari itu sering kali seorang administrator perlu melakukan pembatasan besaran data yang dapat diakses atau diunduh dari internet agar bandwidth dapat tetap stabil.

Contoh Bandwidth Pada Komputer & Hosting

Bandwidth pada jaringan komputer merupakan kecepatan suatu jaringan untuk melakukan transfer data dalam bits per second. Bandwidth pada komputer memiliki 2 jenis yaitu:

1. Bandwidth Digital

Bit per second adalah satuan hitung data yang ditransfer dalam sebuah jaringan yang dikirimkan melaui saluran komunikasi. Bandwidth ini mengirimkan informasi secara digital seperti melalui saluran kabel atau tanpa kabel (nirkabel).

2. Bandwidth Analog

Fungsinya sama seperti bandwidth digital, yang membedakan adalah satuan hitungnya menggunakan Hertz.
Berbeda dengan bandwidth pada layanan hosting, bandwidth ini menentukan berapa banyak besarnya pertukaran data yang terjadi pada akun hosting. Jika ada akun hosting yang melebihi kapasitas yang telah ditentukan maka website ter-suspend atau tidak dapat diakses dalam kurun waktu tertentu. Tapi sekarang ini sudah banyak hosting yang menyediakan unlimited bandwidth.

Baca Juga: Memahami Apa itu Cloud Computing dan Manfaatnya Untuk Bisnis Anda

Mengapa Perlu Mengukur Bandwidth?
Sebelum memahami kenapa perlu mengukur bandwidth pada koneksi atau jaringanmu, perlu diketahui apa saja ukuran pada bandwidth. Awalnya bandwidth diukur dalam bit per second, namun jaringan saat ini memiliki bandwidth yang jauh lebih tinggi, dilambangkan dengan metrik yaitu Mbps (megabit per detik), Gbps (gigabit per detik) atau Tbps (terabit per detik).

Berikut ini sejumlah ukuran bandwidth:
K = kilo = 1.000 bit
M = mega = 1.000 kilo = 1.000.000 bit
G = giga = 1.000 mega = 1.000.000.000 bit
T = tera = 1.000 giga = 1.000.000.000.000 bit

Setelah terabit, ada petabit, exabit, zettabit dan yottabit dimana masing-masing mewakili pangkat tambahan 10. Bandwidth juga dapat dinyatakan sebagai byte per detik. Ini biasanya dilambangkan dengan huruf kapital B. Misalnya, 10 megabyte per detik akan dinyatakan sebagai 10 MB / s atau 10 MBps.

Mengukur bandwidth diperlukan agar dapat memastikan setiap koneksi yang berbayar sesuai dengan janji layanan. Jika kamu pengguna rumahan, dapat melakukan tes bandwidth secara online seperti tes kecepatan DSLReports untuk melihat berapa banyak dari koneksi “hingga 40 Mb/s” yang dibebankan oleh penyedia layanan internet (ISP). Sementara untuk koneksi perusahaan dapat mengukur throughput antar kantor yang dihubungkan oleh koneksi jalur operator.

Istilah-istilah Terkait Bandwidth

Berikut ini adalah istilah-istilah yang biasanya berhubungan dengan bandwidth:

1. Egress bandwidth adalah atribut yang digunakan untuk menentukan kecepatan unggah (upload). Ingress merupakan kecepatan mengunduh (download) pada jaringan internet.

2. Manajemen bandwidth adalah istilah umum yang diberikan untuk sekumpulan tools dan teknik yang digunakan oleh institusi untuk mengurangi kebutuhan kritikal dari suatu segmen jaringan.

3. Unmetered bandwidth adalah jumlah traffic, transfer data (upload dan download) untuk mengakses akun maupun situs yang kamu lakukan sendiri maupun pengunjung situs yang tidak dibatasi.

Setiap orang pasti tidak terlepas dari penggunaan jaringan internet, kebutuhan bandwidth yang berbeda-beda membuat banyak pilihan kapasitas atau ukuran bandwidth yang ditawarkan oleh provider. Tidak hanya ingin bandwidth yang besar agar penggunaan internet bisa lebih cepat, tapi perlu juga mengalokasi dan membagi kapasitas bandwidth secara adil agar setiap pengguna mendapatkan bandwidth yang sama.

Berbicara tentang kapasitas bandwidth dalam jaringan komunikasi sangat mempengaruhi kinerja jaringan, bandwidth juga sangat dibutuhkan demi kelancaran dan keamanan pertukaran data. Maka dari itu pengguna juga dapat mengoptimalkan pengunaan badwitdh dengan menggunakan Cloud dimana sebagian jaringan publik atau pribadi bisa dialihkan sementara ke dalam Cloud, sehingga mengurangi beban dan kinerja sebuah aplikasi.

Tertarik untuk lebih lanjut mengetahui keunggulan integrasi bandwidth dalam teknologi Cloud? Silakan hubungi tim ahli kami dengan klik tombol “Contact Us” dibawah ini.

Konsultasikan lebih lengkap dengan tim kami, klik button dibawah ini.