fbpx

021-3970 9999 info@vibicloud.com

Kenali, Apa Itu AWS S3 (Simple Storage Service)?

Amazon-S3-performance

Table of Contents

Berbicara mengenai storage services, penyimpanan lokal bisa jadi mahal dan rumit, dengan siklus penyegaran perangkat keras yang mahal dan migrasi data karena peningkatan sistem. Dengan penyimpanan cloud atau cloud storage, Anda dapat menyesuaikan dengan cepat dan menggunakan penyimpanan apa yang Anda butuhkan sekarang dan dapat mengurangi biaya dengan meniadakan penyediaan fisik berlebih.

AWS S3 atau AWS Simple Storage Service adalah layanan yang ditawarkan oleh Amazon Web Services yang menyediakan penyimpanan objek melalui antarmuka layanan web. AWS S3 menggunakan infrastruktur penyimpanan dengan tingkat skalabilitas, ketersediaan data, keamanan tinggi, beserta fitur manajemen yang mudah dalam mengatur data dan konfigurasi kontrol akses, sehingga dapat menerapkan kinerja terdepan dalam industri dalam menyimpan dan melindungi data sebanyak apa pun.

Sama halnya Amazon yang juga menggunakan AWS S3 untuk menjalankan jaringan e-commerce globalnya.

Fitur-Fitur AWS S3

AWS S3 memiliki beragam fitur yang dapat Anda gunakan untuk mengatur dan mengelola data Anda dengan cara yang mendukung kasus penggunaan tertentu, memungkinkan efisiensi biaya, memberlakukan keamanan, dan memenuhi kebutuhan kepatuhan.

Data disimpan sebagai objek dalam sumber daya yang disebut “bucket”, dan satu objek dapat berukuran hingga 5 terabyte. Berikut ini adalah fitur yang ditawarkan oleh AWS S3:

a. Manajemen dan pemantauan penyimpanan dengan fitur S3 Batch Operations, S3 Versioning, S3 Replication, S3 Object Lock, AWS CloudWatch dan AWS CloudTrail.

b. Analitik dan wawasan penyimpanan dengan S3 Storage Lens dan S3 Storage Class Analysis.

c. Kelas penyimpanan yang berbeda-beda dan akan dijelaskan lebih ringkas pada “Optimalisasi Biaya Penyimpanan dengan AWS S3”.

d. Manajemen akses dan keamanan dengan fitur AWS Identity and Access Management (IAM), Access Control Lists (ACL), Access Control Lists (ACL), Query String Authentication, Audits Log, S3 Block Public Access, Access Analyzer S3, Amazon Macie dan AWS PrivateLink S3.

e. Pemrosesan data dengan fitur S3 Object Lambda.

f. Kueri yang Siap Digunakan dengan fitur S3 Select, Amazon Athena dan Amazon Redshift Spectrum.

g. Transfer data dengan fitur AWS Storage Gateway, AWS DataSync, AWS Transfer Family, S3 Transfer Acceleration dan AWS Snow Family.

h. Performa AWS S3 yang terkemuka di industri untuk penyimpanan objek cloud.

i. Konsistensi read-after-write yang kuat untuk permintaan PUT dan DELETE objek di bucket AWS S3 Anda di semua Wilayah AWS.

Keuntungan Menggunakan AWS S3

  1. Kinerja, skalabilitas, ketersediaan, dan ketahanan terdepan dalam industri
  2. Berbagai kelas penyimpanan yang hemat biaya
  3. Kemampuan keamanan, kepatuhan, dan audit tak tertandingi
  4. Mudah mengelola data dan akses kontrol
  5. Kueri yang siap digunakan dan proses berdasarkan permintaan
  6. Layanan penyimpanan cloud sangat didukung

Optimalisasi Biaya Penyimpanan dengan AWS S3

AWS S3 Storage Classes menawarkan fleksibilitas untuk mengelola biaya Anda, atau menjadikannya otomatis bagi Anda, dengan menyediakan berbagai tingkat akses data dengan biaya yang sesuai, termasuk penyimpanan cloud dengan biaya terendah.

AWS S3 product

Ada 6 kelas penyimpanan sebagai berikut:S3 Standard untuk penyimpanan umum data yang sering diakses,

  • S3 Standard untuk penyimpanan umum data yang sering diakses,
  • S3 Intelligent-Tiering untuk data dengan pola akses yang tidak diketahui atau berubah-ubah,
  • S3 Standard-Infrequent Access (IA-Standard S3) dan S3 One Zone-Infrequent Access (IA-Satu Zona S3) untuk data yang lama disimpan atau tidak terlalu sering diakses,
  • AWS S3 Glacier (S3 Glacier) dan AWS S3 Glacier Deep Archive (S3 Glacier Deep Archive) untuk penyimpanan jangka panjang dan preservasi digital.

Mari kita coba pahami beberapa kelas penyimpanan dibawah ini yang dapat mengoptimalkan biaya lebih rendah yaitu AWS S3 Intelligent-Tiering dan S3 Glacier Deep Archive.

Amazon S3 Intelligent-Tiering

Kelas penyimpanan S3 Intelligent-Tiering dirancang untuk mengoptimalkan biaya dengan secara otomatis memindahkan data ke tingkat akses yang paling efektif, tanpa pengaruh kinerja atau biaya operasional.

Cara kerjanya dengan menyimpan objek dalam empat tingkatan akses: dua tingkatan akses latensi rendah yang dioptimalkan untuk akses yang sering dan jarang, dan dua tingkatan akses arsip opsional yang dirancang untuk akses asinkron yang dioptimalkan untuk akses jarang.

Dapat menghemat hingga 95% untuk objek yang jarang diakses, pemantauan bulanan kecil dan biaya auto-tiering, tanpa biaya operasional, tanpa biaya siklus hidup dan tanpa biaya retrieve.

Amazon S3 Glacier Deep Archive

S3 Glacier Deep Archive adalah kelas penyimpanan berbiaya terendah AWS S3 dan mendukung penyimpanan jangka panjang dan pelestarian digital untuk data yang dapat diakses sekali atau dua kali setahun. Ini dirancang untuk pelanggan yang terutama yang berada di industri yang ketat, seperti Jasa Keuangan, Kesehatan, dan Sektor Publik yang menyimpan set data selama 7-10 tahun atau lebih untuk memenuhi persyaratan kepatuhan peraturan. Dengan waktu retrieve selama 12 jam.

aws s3

Kesimpulan

Seperti yang sudah dijelaskan diatas Storage Service bisa disesuaikan kebutuhan dan biaya yang ingin Anda keluarkan. AWS S3 atau AWS Simple Storage Service menyediakan berbagai tingkat akses data yang dapat Anda pilih dengan manfaat yang ditawarkan.

Anda tertarik untuk menggunakan layanan AWS S3 ini namun bingung mulai darimana dan menggunakan layanan apa?

ViBiCloud merupakan AWS Advance Consulting Partner yang sudah berpengalaman dalam dunia Cloud Computing. ViBiCloud akan membantu Anda dalam memberikan solusi terkait penyimpanan cloud yang sesuai dengan perusahaan Anda, atau jika Anda memiliki kendala lain yang Anda hadapi terkait dengan Cloud, silahkan hubungi kami dengan klik button “Contact Us” dibawah ini.

Konsultasikan lebih lengkap dengan tim kami, klik button dibawah ini.