Meningkatkan Kolaborasi di Rumah Sakit dengan Cloud Computing

2017-05-02 17:17:09
VIBICLOUD – Sejak awal kehadirannya cloud computing Indonesia fokus untuk meningkatkan kolaborasi di antara penggunanya. Hal yang ditawarkan bagi industri kesehatan terutama rumah sakit. Ya, bukan hal yang baru mendengar atau mengetahu rumah sakit bermigrasi menggunakan cloud computing dewasa ini. Sama seperti industri lain yang ada, indurti kesehatan, dalam hal ini rumah sakit, juga melakukan berbagai inovasi untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi. Salah satunya dengan bermigrasi menggunakan cloud computing.

Rumah sakit merupakan rangkaian kolaborasi. Mulai dari dokter, petugas medis, hingga pasien dan cloud computing merupakan solusi yang tepat. Beberapa kolaborasi yang dapat ditingkatkan dengan bermigrasi menggunakan cloud computing adalah:

Kolaborasi bersama pasien. Dengan bermigrasi menggunakan cloud computing maka dapat dipastikan rekam medis pasien tersedia di mana dan kapan saja petugas medis membutuhkannya. Hal ini terdengar sepele tetapi dengan hal sekecil ini maka petugas medis dan pasien dapat menghempat banyak waktu untuk mengambil keputusan terkait masalah medis. Tentu hal ini akan meningkatkan kenyamanan dan rasa percaya pasien kepada dokter dan rumah sakit.

Pertukaran dan penyebaran informasi kesehatan. Rumah sakit tidak selalu tentang mengobati pasien tetapi juga memberikan informasi kesehatan yang tepat bagi pasien terutama ketika pasien akan meninggalkan rumah sakit. Dengan cloud computing penyebaran informasi kesehatan yang dibutuhkan oleh pasien dapat dilakukan dengan lebih mudah. Pasien juga dapat mengaksesnya setiap saat ketika mereka membutuhkannya. Sekali ini ini tidak hanya meningkatkan kenyamanan pasien tetapi juga rasa percaya mereka terhadap rumah sakit dan ini merupakan sesuatu yang dibutuhkan oleh rumah sakit untuk menjaga nama baik dan bisnis mereka tetap berjalan lancar.

Rekam medis elektronik. Hal yang paling sering dikeluhkan oleh pasien adalah kehilangan rekam medis terutama hasil pemeriksaan laboratorium, CT Scan, MRI dan lainnya. Cloud computing memungkinkan rumah sakit untuk menyediakan rekam medis itu secara elektronik yang dapat diakses kapan saja oleh pasien dan yang paling penting, tidak gampang hilang seperti rekam medis versi cetak. Selain itu rekam medis elektronik juga dapat dicetak oleh pasien atau petugas medis sebanyak apa pun sesuai dengan kebutuhan. 

News & Events