Memulai Start Up Sukses dengan Bantuan Cloud Computing

2017-07-20 11:04:32
Cloud Hosting Indonesia Start up atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai perusahaan rintisan merujuk pada perusahaan atau bisnis yang belum lama beroperasi. Perusahaan ini biasanya merupakan perusahaan baru yang masih berada dalam tahap pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar atau sasaran terbaik mereka. Sekarang ini perusahaan rintisan menjamur di Indonesia. Sebagai negara berkembang ada banyak potensi yang dapat dimanfaatkan sebagai ide usaha atau bisnis yang sayang untuk dilewatkan.

Sebagai perusahaan yang sedang berkembang, tentu perusahaan rintisan membutuhkan modal yang tidak sedikit terutama untuk memperkuat kebutuhan informatika atau IT mereka. Mulai dari menyiapkan hardware sampai kebutuhan software. Biasanya modal paling banyak habis untuk memenuhi kebutuhan ini. Tetapi bukan berarti tidak ada cara untuk memaksimalkan keterbatasan modal yang dimiliki oleh perusahaan rintisan. Salah satu solusi di bidang IT adalah dengan bermigrasi menggunakan cloud computing.

Ada beberapa alasan mengapa perusahaan rintisan sebaiknya bermigrasi menggunakan cloud computing untuk memenuhi kebutuhan bidang IT:

Meningkatkan kolaborasi. Tidak ada perusahaan yang mampu dijalankan tanpa kolaborasi yang memadai. Perusahaan rintisan bisanya belum memiliki kantor yang cukup luas untuk menampung seluruh pegawai sehingga bermigrasi menggunakan cloud computing dapat meningkatkan kolaborasi karena cloud computing memungkin pengguna untuk mengakses dokumen secara bersamaan dan setiap perubahan akan diketahui oleh pengguna lainnya secara real time. Tidak ada lagi waktu terbuang untuk mengirim atau menunggu dokumen dikirim melalui email

Meningkatkan mobilitas. Mobilitas adalah salah satu keuntungan yang dimiliki oleh perusahaan rintisan. Cloud computing akan meningkatkan mobilitas karena cloud computing memungkinkan pengguna untuk mengakses dokumen mereka yang tersimpan di cloud computing dari mana saja dan menggunakan perangkat apa saja selama masih terkoneksi dengan internet. Tentu ini akan menjadi keuntungan baru perusahaan rintisan. Selain tidak memerlukan ruang kantor yang luas juga seandainya terjadi amsalah maka dapat diselesaikan dari mana saja.

Mengurangi biaya komunikasi. Bagi perusahaan rintisan dengan modal terbatas maka setiap modal yang ada harus dimaksimalkan dan dipergunakan sebaik mungkin. Keterbatasan ini sering kali menyebabkan perusahaan rintisan tidak memiliki dana yang memadai untuk biaya komunikasi antar pegawai. Ini salah satu alasan mengapa cloud computing menjadi solusi terbaik. Dengan bermigrasi ke cloud computing maka perusahaan dapat menekan biaya komunikasi. Setiap revisi akan diketahui oleh pengguna lain secara real time, tidak perlu mengirimkan email dalan ukuran besar juga berbagai keuntungan lainnya. 

News & Events